RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KD 1.1
SMP/MTs : ………………………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / Genap
Standar Kompetensi : : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merespon makna dalam perckapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta

Indikator : Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan untuk meminta dan memberi kepastian dalam percakapan transaksional dan interpersonal

Jenis Teks : Text Transaksional
Aspek/Skill : Mendengar
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 2 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat: merespon percakapan pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan.

B. Materi Pembelajaran
Teacher read a text about how to response a question about certainty and uncertainty.
1. Anna is talking to her brother, Andy about the weather.
Anna : It is cloudy. Are you sure you will go out ?
Andy : Why not. It’s Saturday night.
Anna : It’s going to rain.
Andy : I’m not sure. There are stars on the sky.
2. Anna is going to her grandfather’s house . She is riding her motorcycle with her brother.
Anna : Are you sure it’s the way to our grandfather’s house?
Andy : Certainly. This way!
C. Metode / Teknik : TPR

D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:

1. Kegiatan awal:
– Greetings
– Calling the roll
– Pre test

2. Kegiatan Inti
– Memperhatikan dan mendengarkan contoh ungkapan untuk
meminta dan memberi kepastian dalam percakapan transaksional dan interpersonal
– Menirukan ucapan guru dengan intonasi dan lafal yang benar
dari ungkapan untuk meminta dan memberi kepastian.
– Menemukan makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi kepastian.

3. Kegiatan Akhir
– Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani
– Membuat rangkuman
– Memberikan post test, penugasan di rumah mendengarkan teks serupa di radio atau televisi.

E. Sumber Belajar
– Buku teks yang relevan
– Teks buatan guru.

F. Penilaian
a.Teknik : Tes lisan.
b. Prosedur : Selama proses (butir tes sekaligus juga student’s worksheet).
c. Bentuk : Percakaan sederhana tentang menanyakan kepastian dan ketidakpastian
d. Instrumen :
1. Anna is talking to her brother, Andy about the weather.
Anna : It is cloudy. Are you sure you will go out ?
Andy : Absolutely. It’s Saturday night.
Anna : It’s going to rain.
Andy : I’m not certain. There are stars on the sky.
2. Anna is going to her grandfather’s house .
She is riding her motorcycle with her brother.
Anna : Are you sure it’s the way to our grandfather’s house?
Andy : Sure. This way!
e. Rubrik Penilaian :

Kriteria
Jika ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
Jika ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
Jika ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
Jika ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai
100
90
80
70

Semarang, 5 Oktober 2006

Mengetahui
Kepala SMP …… Guru Mata Pelajaran,

…………………………………….. ……………………………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s